Selamat Datang !

Rabu, 18 April 2012

Kubus Rubik (dan Teman2)

          Kubus Rubik adalah ( cari aja sendiri pengertiannya, tapi intinya gini ) sebuah mainan yang diciptakan pertama kali oleh orang yang namanya Ernő Rubik (coba kalo namanya Udung, pasti namanya bukan Kubus Rubik lagi). Seperti namanya, bentuknya adalah kubus (cube, atau bahasa kerennya hexahedron), salah satu dari 5 bentuk dasar bangun ruang versinya orang ini (Plato). Kubus Rubik adalah "sesepuh" dari berbagai macam puzzle sejenis di dunia ini.
          Gambar diatas adalah bentuk "dasar" dari KubRub ( nyingkat nulis Kubus Rubik, capek), 3x3x3, maksudnya 3 kubus kecil ke pinggir, 3 kubus kecil ke belakang, dan 3 kubus kecil ke atas. KubRub "biasa" terdiri dari 6 warna (dan polos, tidak bergambar). Setiap sisinya dapat berputar 90 derajat (dan memang harus diputar 90 derajat dulu baru bisa diacak), dan tujuan kita adalah merapikan warna dari kubus itu (setiap sisi kubus harus mempunyai 1 warna).
          Di jaman sekarang, banyak inovator / pengrajin yang memodifikasi bentuk, warna, corak, jumlah kubus kecil, bahkan membuat puzzle baru yang sama sekali berbeda dengan KubRub "biasa". Nanti akan dijelaskan satu per satu.(sabar ya).

          BENTUK
                    Banyak pengrajin yang merubah bentuk dasar kubus benda ini, menjadi terlihat susah, bahkan lebih susah dari versi "biasa"nya, meskipun mekanismenya sama.
                    Berikut adalah contoh perubahan bentuk tanpa merubah mekanisme.


          WARNA / CORAK
                    Warna yang tak wajar bisa memusingkan pemain maupun orang yang melihat KubRub yang tidak biasa. Berikut contohnya.

          JUMLAH KUBUS KECIL / "ukuran"
                    Bosan lihat 3x3x3? Ini contoh "saudara" dari si 3x3x3.
                    nxnxn

                    axbxc
          PUZZLE BARU
                    Berikut puzzle yang jauh berbeda dengan KubRub, baik dari bentuk maupun mekanismenya





Itulah KubRub, dan teman-temannya.
Semoga bermanfaat.

(mohon maaf kalau gambarnya bikin muntah)

Thanks to : twistypuzzles.com
                    google
                    my flashdisk
                    Selamat Net

1 komentar:

  1. Hello bro, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya :)

    Sekedar info, Jo Cubes sedang mengadakan kompetisi mini dimana setiap peserta akan diminta untuk membuat sebuah artikel pendek mengenai Jo Cubes minimum sebanyak 1000 kata di (blogger, wordpress, tumblr, livejournal, etc) lalu buatlah hyperlinks (anchor text) atas website kami: Toko Rubik Jo Cubes - Jual Rubik Speedubes | Beli Rubik Online pada web/blog anda.

    Contoh:

    Jo Cubes adalah toko rubik online yang berlokasi di Jakarta Barat. Koleksi speedcubes & puzzles yang dijual di Jo Cubes termasuk lengkap. Menurut saya, harga-harga rubiks & puzzles yang dijual sangat terjangkau oleh pelajar manapun karena tergolong murah. Dari segi material, komposisi materi plastik dan keawetan sticker nya terbilang bagus karena kualitas nya yang tinggi. Mengenai packaging dari paket Jo Cubes, sangatlah susah untuk dibuka karena Jo Cubes menggunakan bubble wrap yang sangat tebal untuk menjamin paket tahan benturan. Apabila kamu tertarik untuk membeli speedcubes dan twisty puzzles lain nya di Jo Cubes , kamu bisa mengunjungi langsung website nya di:

    Toko Rubik Jo Cubes - Jual Rubik Speedubes | Beli Rubik Online

    Bagi pemenang dengan tulisan yang paling menarik dan kreatif berhak memenangkan bingkisan rubik yang menarik dari Jo Cubes.

    Kami tunggu partisipasi nya. Terima kasih dan salam cubing.

    Syarat & ketentuan dalam mengikuti kompetisi mini Jo Cubes:
    1. Mempunyai blog/website yang aktif
    2. Daftarkan diri anda melalui email di jo.cubes@yahoo.com
    3. Nama pemenang akan diumumkan pada 11 May 2013

    BalasHapus